Jumat, 06 Juli 2012

Strategi dalam Corporate Branding


Dalam corporate branding ada empat strategi branding yang berbeda, Corporate Umbrella Branding, Family Umbrella Branding, Range Branding And Individual Branding.  (Pickton & Broderick, 2001)
  1. Corporate Umbrella Branding: Sebuah strategi dengan menggunakan organisasi dan seluruh produknya dengan menggunakan satu nama brand yang sama, atau sebuah masterbrand/brand utama yang menyediakan struktur untuk mendorong kredibilitas terhadap jenis lainnya dari perusahaan yang sama. Merek utama sebagai payung perusahaan mendorong pengambilan keputusan konsumen untuk membeli produk dan layanan baru. Contohnya adalah Philips (lampu, TV, CD player) dan Yamaha (sepeda motor, alat misik gitar, piano).
  2. Family Umbrella Branding: adalah strategi branding yang melibatkan beberapa produk-produk terkait di bawah satu nama merek perusahaan. Merek Keluarga memfasilitasi pengenalan produk baru dengan membangkitkan nama merek yang akrab, yang dapat menyebabkan percobaan pembelian, penerimaan produk, atau keuntungan lain. Contohnya perusahaan elektronik Sony mengeluarkan produk-produk seperti DVD, TV, radio, kamera, walkman, dsb dengan menggunakan satu brand yaitu Sony dalam satu keluarga Sony electronic.
  3. Range Branding: Strategi mengelompokkan beberapa produk yang berkaitan dalam satu brand. Merek dalam satu jangkawan dapat dikatakan juga memperluas satu merek di kategori yang berkaitan. Contohnya Harley-Davidson, produk utamanya adalah sepeda motor, namun juga menjual T-shirt, jaket kulit, cangkir kopi, dan barang-barang lainnya yang berkaitan dengan citranya.
  4. Individual Branding: Strategi perusahaan untuk menetapkan identifikasi merek produk tanpa harus memadukannya dengan nama perusahaan. Setiap produk dijual dengan merek tersendiri dan berdiri sebagai satu unit yang terpisah dengan unit produk yang lain. Kebijakan untuk menggunakan strategi ini didasarkan pada pemikiran bahwa setiap unit produk adalah merupakan satu pusat laba (profit center). Contohnya adalah Unilever, memiliki berbagai jenis produk dengan berbagai jenis nama seperti Blueband, Lux, Kecap bango, Dove, Surf, dll.
Daftar Pustaka: Pickton, D., & Broderick, A. (2001). Integrated Marketing Communication. Essex: Pearson Education.

 salam Nampol Abis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar