Sosial Media? Kenapa sih kok bisa booming banget? Sesuatu banget ya..
Serius loh, ini pertanyaan yang jawabannya cukup panjang.. Kebetulan saya dikasih artikel yang ditulis oleh Jan H. Kietzmann, Kristopher Hermkens, Ian P. McCarthy, Bruno S. Silvestre dari dosen pembimbing saya pak Irwansyah.. Kalo pengen tahu sesungguhnya Binatang apa sih Social Media itu? Mari kita sembelih sama-sama.. :DSosial Medial sangat berkembang pesat bak kodok dimusim hujan karena dia memiliki 7 fungsi yang tidak saling terpisah, namun tidak semua harus hadir secara dominan dalam kegiatannya, sehingga terbangun sifat/jenis sosial media seperti apa dia.
- Identitas/Identity : Ada sosial media yang mendorong penggunanya membuat identitas yang seasli-aslinya (Facebook, LinkedIn), namun ada yang membebaskan kita mengekspresikan diri, perasaan, suka-tidak suka (twitter, friendster). Semua ini tergantung sifat dan tujuan dari social media itu sendiri. Tentunya, kita harus sadar bahwa informasi tentang diri sendiri sampai sejauh mana yang kita bagikan dan kepada audiensi yang seperti apa, adalah penting diingat, dan dimungkinkan untuk kita pisah-pisah. (profil di Facebook/twitter agak santai, tapi di LinkedIn profilnya serius.. siapa tau ada head hunter :D) Menyeimbangkan dengan hati-hati berbagi identitas dan melindungi privasi penting dalam memilih alat media sosial; campuran yang salah dapat menyebabkan kurangnya akuntabilitas di kalangan pengguna, mendorong cyber-bullying, dan membuka jalan untuk topik dan warna komentar yang tidak diharapkan .
- Percakapan/Conversation : Percakapan ini terjadi untuk segala macam alasan. Orang nge-twit, nge-blog, dan sebagainya untuk menemukan orang yang berpikiran sama dengan kita, untuk menemukan cinta sejati, untuk membangun harga diri, atau berobsesi menjadi yang terdepan dalam ide-ide baru atau trending topik. Namun orang lain juga melihat media sosial sebagai cara untuk membuat pesan mereka didengarkan dan berdampak positif kemanusiaan, masalah lingkungan, ekonomi, atau debat politik. Percakapan adalah hal yang murni dan tulus tanpa di buat-buat, sehingga bila terkesan dibuat atau diarahkan, maka keaslian dalam percakapan akan hilang dan akan segera di tinggalkan.
- Berbagi/Sharing : Berbagi sendiri adalah cara berinteraksi di media sosial, tetapi apakah berbagi membuat pengguna ingin berkomunikasi atau bahkan membangun hubungan satu sama lain, itu tergantung pada tujuan fungsional dari platform media sosial. ( objek sosialitas gambar untuk Flickr, objek sosialitas musik Indie untuk MySpace, dan objek sosialitas karir untuk LinkedIn). Dua dampak yang mendasar adalah: apakah memiliki kesamaan/kebutuhan objek sosialitas, atau untuk mengidentifikasi objek baru yang menjadi kepentingan bersama mereka.
- Kehadiran/Presence
- Keterhubungan/Relationship
- Reputasi/Reputation
- Kelompok/Groups
Supaya gak pegel bacanya.. 4 fungsi social media lainnya kita bikin bersambung ya..
Salam Nampol Abis!
Lanjutannya klik: Binatang apa sih Social Media itu? (Part 2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar